Welcome to Mobile Solution Era

Dalam era informasi abad ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) menjadi sumber daya yang sangat penting bagi kemajuan di masa depan. Perkembangan teknologi seluler (mobile technology) dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Persaingan di antara operator seluler dan teknologi peralatan handphone pun sangat ketat. Mobile technology ini telah menjadi budaya baru yang telah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Dan juga perkembangan dan sosialisasi telekomunikasi di Indonesia saat ini lebih pesat dari pada perkembangan dunia internet. Jumlah pengguna/user saat ini di industri telekomunikasi ini telah mencapai lebih dari 96 juta user di seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa telekomunikasi selular telah begitu memasyarakat di Indonesia.

Teknologi telekomunikasi seluler juga telah berkembang dengan munculnya layanan-layanan baru yang memungkinkan pengguna melakukan lebih dari hanya sekedar berbicara dengan lawan bicaranya. Selain suara, teks, gambar, video dan internet, para pengguna ponsel saat ini mampu mengakses data layanan baik yang berada di internet maupun yang berada di intranet perusahaan, sehingga pengguna dapat mengakses semua informasi yang dibutuhkan setiap saat.

Bertolak kepada materi dari konferensi wireless (Wireless Enterprise Symposium) yang diadakan pada tanggal 8-10 Mei 2007 di Orlando, Florida – Amerika Serikat, dimana hampir seluruh dari operator seluler dunia termasuk Indonesia berkumpul membahas tentang perkembangan ke depan Mobile Technology. Dimana kedepannya dunia wireless akan menjadi suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan informasi data secara real time serta munculnya fitur telekomunikasi yang baru dan adanya keinginan kuat bagi pengguna yang mobilitasnya tinggi untuk selalu tetap terhubung dengan informasi data.

 

Evolusi perkembangan dunia Wireless dan Mobility :

·         Phase 1 (1990’s)

         Seluler phone dan pagers

·         Phase 2 (1999-2003)

         Wireless email untuk para eksekutif, PDA’s untuk Contacts & Calendar

·         Phase 3 (2004-sekarang)

         Investasi di bidang wireless teknologi & mobile solutions adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi & menambah akses untuk pengetahuan / informasi

·         Phase 4

         Integrasi mobile solutions dengan kritikal bisnis proses untuk memperoleh kesempatan dalam meningkatkan pendapatan, menurunkan biaya operasional, memperoleh keuntungan yang kompetitif.

 

Dilihat dari evolusi diatas, saat ini Indonesia sedang berada di dalam masa transisi antara phase 3 menuju phase 4 dimana investasi-investasi yang dilakukan di bidang wireless teknologi dan mobile solutions bukan hanya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kemudahan akses informasi saja, tetapi juga investasi-investasi tersebut dituntut untuk dapat terintegrasi dengan kritikal bisnis proses yang dijalankan, sehingga yang tadinya hanya sebagai pelengkap berubah menjadi keharusan yang harus diimplementasikan dalam bisnis sehingga akan meningkatkan pendapatan, menurunkan biaya operasional serta memperoleh keuntungan yang kompetitif. Sehingga ke depannya dunia bisnis tidak akan lepas dari Wireless Mobile Solutions.

Untuk mendukung kearah Wireless Mobile Solutions, ada 4 komponen penting yang harus disiapkan yaitu piranti Hardware, Software, Human Capital dan operator seluler sebagai media komunikasi data.

Dari sisi Hardware terdiri atas device / perangkat yang akan digunakan untuk mengakses data. Ada dua macam pendekatan yang dilakukan dalam pengembangan perangkat komunikasi ini. Ada yang memproduksi perangkat dengan pendekatan komputer dan menghasilkan komputer saku yang dilengkapi dengan fasilitas telekomunikasi dan dikenal dengan nama Personal Digital Assistant (PDA). Kemudian ada yang melakukan pendekatan dari sisi ponsel dan menamakannya sebagai smartphone. Keduanya memiliki kesamaan dan perbedaan, walaupun fitur yang selalu digunakan adalah menelepon, mengirim pesan singkat (SMS), serta menyimpan daftar alamat.

Dari sisi Software terdiri dari perangkat lunak yang akan diakses oleh pengguna menggunakan perangkat tersebut diatas. Misal terdiri dari database, mail dan aplikasi-aplikasi yang dibuat dari beberapa bahasa pemrograman seperti java, pearl, dan bahasa pemrograman dot net lainnya.

Dari sisi operator dimana berfungsi sebagai media komunikasi antara perangkat device (smartphone or pda) dengan aplikasi yang akan diakses. Operator di Indonesia yang saat ini menawarkan layanan ke arah wireless mobile teknologi adalah Indosat, Telkomsel dan XL.

Pada tahun 2004, Indosat melalui Starhub Singapura adalah operator yang pertama kali memperkenalkan Wireless Mobile Solutions kepada masyarakat Indonesia dengan menawarkan produk BlackBerry yang berasal dan dirancang oleh salah satu perusahaan dari Canada yaitu RIM (Research in Motion) yang bergerak dan berpengalaman di dalam dunia wireless. Walaupun saat itu solusi yang ditawarkan adalah hanya sebatas Push Mail dan PIM (Personal Information Management). Push mail BlackBerry merupakan cikal bakal dari Wireless Mobile Solution dimana pengguna bisa selalu terintegrasi secara real time dengan email, data dan informasi yang dibutuhkan setiap saat. Di negara-negara Eropa dan Amerika, BlackBerry sudah merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh orang bisnis. Dan di negara-negara maju tersebut, Wireless Mobile Solution sudah banyak yang sukses dikembangkan dan diimplementasikan menggunakan BlackBerry Solution. <Yudi Kahfianda @ Mobile>

Advertisements

One response to “Welcome to Mobile Solution Era

  1. mobile solution is a growing market now and competitive one .. i think it’s an interesting business …

    -Andi-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s